Kontroversi Pemenang Lomba Logo Munasprok

Saat pengumuman pemenang lomba logo museum munasprok pada 10 Oktober 2013, yang melahirkan:
Juara 1 atas nama Djoko Susilo asal Kendal – Jawa Tengah   
Juara 2 atas nama Yosef Saeful Gunawan   asal Megamendung – Bogor   
Juara 3 atas nama Ronald Ascensio  asal Kebayoran Baru – Jakarta Selatan   

muncul kontroversi hebat. Banyak yang protes terhadap pemilihan juara yang dianggap tidak sesuai dengan kriteria lomba yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Apa kriterianya?
Disana disebutkan kriterianya harus mengandung nilai-nilai perumusan naskah proklamasi seperti kemerdekaan, persatuan, dan prinsip demokrasi dan musyawarah. Juga memuat konsep dasar permuseuman Indonesia yang memperhatikan tiga pilar yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa, membentuk karakter dan kepribadian bangsa; dan ketahanan nasional dan wawasan nusantara.

Kriteria lainnya adalah menarik, inovatif, mudah diingat dan menimbulkan semangat nasionalisme.

Namun, ada yang berpendapat bahwa kriteria-kriteria tersebut tidak masuk dalam karya para pemenang.




Akibatnya, kritikan pedas dan protes pun berlontaran baik di facebook munasprok, maupun di buku tamu web munasprok, atau pun membuat thread di kaskus.



 



Siapa Juri Lomba Logo Munasprok?
Lomba logo tersebut menghadirkan juri yaitu Prof. Agus Aris Munandar, Sukasno, S.Sn dan Annissa Gultom S.Hum, MA yang menyeleksi 427 karya peserta (789 logo).

Apakah mereka pantas menang?
Lombaapasaja bukan ahli dalam bidang perlogoan. Jadi no comment deh. :) Yang jelas ini menjadi salah satu kontroversi dalam sejarah perlombaan yang pernah terjadi.
Kontroversi Pemenang Lomba Logo Munasprok Rating: 4.5 Diposkan Oleh: taufik rachman

6 comments:

  1. Jujur kalau saya pribadi, Hasil lomba ini tak terlalu kontroversial, menurut saya sih ketiganya layak, melihat hasil desainnnya cukup menarik dan berisi... Hanya saya kurang sepakat dengan pemilihan juara 1-nya, harusnya itu yg juara 2 jadi juara 1, trus juara 3 jadi juara 2, dan juara 1 jadi juara 3. hehehehe

    setidaknya hasil lomba-nya masih wajar lah, bila dibandingkan dengan hasil lomba pembuatan avatar ARB yang banyak menjadi kontroversi...

    Btw.... salut buat Lombaapasaja.com dengan info-info seputar perlombaanya yang update... salam kenal

    ReplyDelete
  2. tanpa mengurangi rasa hormat, tidak ada satupun dari logo diatas yang masuk dalam kriteria lomba menurut saya, jelas sekali juri sudah punya patokan sendiri bahwa image gedung adalah syaratnya menurut saya.. ada 700an logo yang ikut serta lo......

    ReplyDelete
  3. logo yang ikut serta harus di perlihatkan kepada khalayak umum dan di nilai secara Online atau yang melibatkan mahasiswa, pelajar, masyarakat umum dsb...

    ReplyDelete
  4. Tanpa mengurangi rasa hormat, Saya yang selama ini berkecimpung dalam dunia Brand Development, nilai seni yang terkandung dalam logo blum terlihat, sangat disayangkan sekali pengetahuan dan kemajuan ilmu di Indonesia masih kurang begitu bagus, dari pemenang logo diatas dilihat dari logogram dan typefont nya masih kurang mengena pada masyarakat, dan masih kurang sesuai dengan tema yang diberikan, sekedar masukan saja dalam penjurian, bisa dipilihkan juri yang bener2 ahli tentang brand development, karena ini menyangkut tentang Tanah Air Indonesia, sejarah, kebudayaan dan masa depan.

    ReplyDelete
  5. kaya logo real estate aja... itu bukan logo tapi gambar gambar gedung oeee....

    ReplyDelete
  6. halo, saya salah satu jurinya, Annissa Gultom, untuk dipahami, keputusan terakhir itu di tangan kepala museum nya lho.
    Background masing-masing juri:
    Prof Agus Aris Munandar adalah professor di bidang Arkeologi dan Sejarah dari UI.
    Bapak Sukasno adalah ahli desain dan saya berlatar belakang pendidikan museum communication.
    Saya tidak bisa bicara banyak mengenai juri yang lain, akan tetapi seperti tanggapan saya kepada museum yang bersangkutan, logo yang menang bukan lah pilihan saya dan keputusan akhir di tangan kepala museum.

    ReplyDelete

Silahkan komentari info lomba ini

Cari More Lomba

Masukkan emailmu di bawah biar selalu dapet update lomba terbaru

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner