Tips Menulis Andrea Hirata

Kali ini lombaapasaja akan berikan tips menulis ala Andrea Hirata. Tahu kan Andrea Hirata itu siapa? Itu loh sang pendekar eh pengarang novel Laskar Pelangi. Jujur lombaapasaja termasuk yang suka berat dengan novel itu. Bahkan semua serinya punya.

Lombaapasaja bahkan pernah berjumpa langsung dengan Andrea Hirata dalam suatu acara. Jauh-jauhan tapi. :) Andrea di depan sana ngisi acara, lombaapasaja duduk manis mendengarkan "taushiyah"-nya. :D

Nah, di lombaapasaja kini ada bagian khusus tips yang berhubungan dengan kegemaran para Aktivis LombaApasaja semua. Ya ntar ada tips desain, tips gambar, tips nyanyi, tips fotografi, dan tips-tips lainnya.

Kita eh saya maksudnya... :) mau mulai dulu dari tips menulis. Kali ini menghadirkan tips menulis ala Andrea Hirata.

Langsung saja yah, ini tips dari Bang Andrea

- Riset
Bang Andrea ini biasanya riset dulu sebelum menulis. Karenanya penggemar lombaapasaja tak perlu heran kalau tulisannya bisa kayak gitu. Risetnya pastinya mendalam bok :D Detailnya kan bisa ketahuan. Boleh dicek di novel-novelnya, kayak nama tempat misal. Boleh dicocokin sama aslinya.

Bang Andrea Hirata bilang, sebelum dia nulis novel tuh, dia pasti riset dulu. Sampai-sampai dia habisin waktu 3,5 tahun buat nulis Padang Bulan dan Cinta dalam Gelas. Maka, kita pun perlu meniru tips menulis dari bang Andrea ini.

- Suka baca yang menarik dan berkualitas
Andrea Hirata suka baca. Jadi kalau para Aktivis Lombaapasaja ingin bagus juga nulisnya, kudu suka baca. Karena Bang Andrea spesialisasinya di menulis novel, saya haqqul yakin deh meski belum pernah mengobok-obok rumahnya, pasti ada banyak novel bagus di rumahnya. #Pinjemindong Bang :D

- Berani
Tips lainnya dari Bang Andrea adalah kalau nulis harus bernai mencurahkan ide. Nggak perlu takut dan terbelenggu dengan batasan-batasan yang tak perlu. Jadi maksudnya ya nulis aja lah :)

- Sensitif kata
Bang Hirata juga kasih tips menulis lainnya buat aktivis lombaapasaja nih. Kalau mau nulis perlu sensitif sama kata. Sehingga sense-nya kena gitu loh. ya iyalah ibarat dokter harus sensitif sama-sama alat kedokteran. Kalau bisa sampe menyatu. Kan bahaya kalau salah suntik, iya toh :) Makanya kalau mau nulis juga perlu sensitif sama kata-katanya. Dua kata bisa punya arti yang sama, tapi sense-nya beda :)

- Mental beton
Eh Bang Andrea juga bilang kalau mau nulis, tipsnya juga harus punya mental yang kuat. Tidak perlu takut nulis. Ya iya dong, kapan mau jadi tulisannya kalau takut nulis hehe

- Detail
Detail amat penting. Biar orang bisa jadi ngebayangin sewaktu baca tulisanmu loh.

- menulis kapan saja
Bang Andrea juga kasih tips lagi buat para Aktivis lombaapasaja nih agar menulis itu kapan saja, tidak perlu nunggu mood. Iya kalau moodnya datang, kalau moodnya kabur dan gak dateng2 lagi gimana coba :D

- Ide tulisan itu penting
Satu lagi pesan dari Bang Andrea kalau pengen nulis, ide itu utama. Jadi temukanlah idenya.

Udah dulu ya, mimin ngantuk. Ntar kalau ada lagi, mimin tambahin tips menulis dari Andrea Hirata ini

Tips Menulis Andrea Hirata Rating: 4.5 Diposkan Oleh: taufik rachman

7 comments:

Post a Comment

Silahkan komentari info lomba ini

Cari More Lomba

Masukkan emailmu di bawah biar selalu dapet update lomba terbaru

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Follow Blog Info Lomba ya. Gak follow awas, gue jitak :D

Lomba Kuis Kontes Info Menarik