Tips Keren Membuka Bisnis Franchise


Bisnis, seperti yang kita ketahui, merupakan salah satu cara agar kita mendapatkan penghasilan dan dapat mandiri secara finansial. Ada banyak ranah bisnis yang dapat dikerjakan. Semua orang dapat melakukan bisnis tanpa harus memiliki pendidikan tinggi. Itulah sebabnya, bisnis menjadi salah satu hal yang patut Anda coba. Dalam menjalankan sebuah bisnis, yang paling penting dilakukan adalah action. Jika kita ingin mulai bisnis dengan segera, segeralah membuka bisnis. Namun, dalam membuka bisnis, tentunya adalah hal yang harus Anda pertimbangkan. Asal membuka bisnis dengan pengetahuan yang masih nol juga akan berbahaya. Bisa jadi, Anda justru akan merugi. Untuk mencegahnya, mulailah membuka usaha dengan mempelajari model usaha apa yang akan Anda kerjakan dan bagaimana cara menjalankannya dengan baik dan benar termasuk masalah perizinan dan sebagainya. Sehingga, Anda dapat menjalankan bisnis tersebut dengan lancar dan menghindari terjadinya penipuan.

Salah satu jenis bisnis yang dapat Anda lakukan dengan persiapan yang tidak terlalu ribet adalah bisnis franchise. Kini, banyak produk yang menjadi viral di dunia maya menjadikan bisnis mereka model franchise agar dapat dengan cepat membuka cabangnya di berbagai wilayah. Selain menguntungkan bagi pemilik franchise, usaha yang di-franchise-kan juga akan memberikan peluang bisnis bagi banyak orang. Menjalankan bisnis franchise merupakan hal yang sangat menguntungkan terutama bagi pengusaha pemula. Hal ini karena kita hanya perlu menyiapkan biaya dan tempat usaha saja. Mulai dari bahan baku, desain produk, desain tempat usaha, seragam penjual, sampai peraturan dan manner pekerja diatur oleh pemilik franchise. Hal ini bertujuan agar pelayanan di setiap cabang franchise sama persis dengan usaha pusat. Hal ini berkaitan dengan kepuasan dan ekspektasi konsumen.

Nah, bagi Anda yang tertarik dengan model bisnis ini, ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan agar Anda dapat menjalankan bisnis franchise dengan baik dan tidak salah pilih. Mengingat kini sangat banyak bisnis franchise yang ada di Indonesia mulai dari bisnis franchise luar negeri sampai dalam negeri. Mulai dari skala perusahaan besar sampai dengan skala pedagang kaki lima. Lalu, apa saja sih tipsnya? Yuk! Kita simak bersama.

1. Pilih produk yang tepat
Tips pertama yang dapat Anda lakukan adalah memilih produk yang tepat. Ada banyak jenis produk yang dapat Anda pilih, seperti yang telah disinggung sebelumnya. Pemilihan franchise dapat Anda dasarkan pada beberapa hal. Hal yang pertama adalah kesukaan. Anda dapat memilih produk berdasarkan yang Anda sukai. Dengan menyukai produk yang Anda jual, Anda dapat dengan mudah menguasai produk sehingga Anda dapat dengan mudah menjawab pertanyaan pelanggan mengenai produk yang Anda jual. Produk dapat Anda sesuaikan dengan hobi yang Anda lakukan. Dengan demikian, Anda dapat memasarkannya pada komunitas hobi Anda. Pasar pun dapat terbuka dengan lebih luas.

Selain itu, Anda juga dapat membuka usaha franchise yang sedang viral atau booming di pasaran. Anda dapat dengan mudah menarik konsumen jika Anda menjual produk yang sedang viral. Hal ini karena banyak orang yang penasaran dan ingin mencoba produk karena terkenal dan banyak disinggung di dunia maya. Untuk mengetahui barang franchise apa yang sedang viral atau booming di pasaran adalah dengan mengamati di sosial media. Cara ini menjadi cara termudah untuk memilih produk yang tepat. Anda dapat memilih produk sesuai dengan kriteria dan bahan pertimbangan tersebut.

2. Cari lokasi strategis
Hal yang tidak kalah penting adalah mencari lokasi yang strategis. Dalam membuka bisnis franchise kita, mencari tempat yang strategis menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan. Hal ini karena walaupun produk yang Anda jual adalah produk yang sangat terkenal, namun, jika akses menuju tempat jualan Anda susah, maka akan banyak konsumen yang enggan mendatangi gerai Anda. Atau bisa jadi mereka sebenarnya ingin mendatangi tempat jualan Anda, namun tidak memiliki kesempatan karena misalnya, jauh dari pusat perkotaan, atau sangat sulit dijangkau. Nah, untuk menghindari hal tersebut, akan sangat baik jika Anda mendekatkan diri pada konsumen. Misalnya saja membuka gerai di tepi jalan raya utama dan membuka di ruko kompleks pusat perdagangan. Jika usaha franchise Anda berbentuk kaki lima, Anda dapat membukanya di pusat perbelanjaan, di pasar, dan tempat-tempat yang ramai pejalan kaki.

3. Promosi lewat sosial media
Perusahaan franchise biasanya akan langsung mengumumkan di berbagai gerai mereka jika mereka membuka cabang baru. Promosi ini biasanya kita dapatkan secara gratis sebagai satu paket dengan pembelian franchise tersebut. Namun, hanya mengandalkan itu saja tidak akan efektif jika tidak dibarengi dengan promosi lainnya. Satu promosi yang paling mudah dan murah adalah dengan melakukan promosi melalui sosial media. Anda dapat membuat akun media sosial dan membuat banyak pengumuman mengenai produk yang Anda jual dan informasi lokasi. Anda juga dapat bekerjasama dengan akun media sosial daerah tempat Anda membuka gerai agar warga sekitar tahu tentang keberadaan gerai franchise Anda.

4. Jadi yang pertama
Dalam membuka sebuah bisnis, keberadaan pesaing merpakan hal yang wajar. Saat Anda ingin membeli bisnis franchise, akan sangat baik jika Anda membuka di kota yang belum memiliki produk franchise sejenis. Hal ini akan membuat Anda menjadi yang pertama ada di kota tersebut tanpa ada saingan. Begitu ada saingan yang muncul, posisi usaha franchise Anda sudah settle, sehingga akan lebih mudah bagi Anda untuk mempertahankan konsumen dibandingkan dengan pesaing yang baru muncul asalkan pelayanan Anda tetap dijaga dengan baik dan memiliki harga produk yang bersaing.

5. Sesuaikan dengan modal
Dalam memilih bisnis franchise, menyesuaikan dengan modal adalah hal yang wajib dilakukan. Modal yang dimaksud tidak hanya dapat dari uang pribadi saja, Anda juga dapat melakukan pinjaman tanpa jaminan dan membuka usaha yang lebih besar. Kini ada berbagai jenis pinjaman yang dapat dilakukan. Pinjaman tanpa agunan pun kini bermacam-macam dan semakin mudah dilakukan. Salah satu jenisnya adalah pinjaman tanpa agunan online. Ya, Anda boleh saja meminjam uang untuk usaha. Hal ini karena usaha tentunya akan berkembang dan uang yang kita pinjam terus bergerak untuk usaha dan tidak dihabiskan secara konsumtif sehingga asumsinya tentu saja Anda dapat mengembalikan sesuai dengan waktu yang ditentukan. Peminjaman uang justru menjadi salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengembangkan bisnis dengan cepat.

Itu tadi tips keren yang dapat Anda ikuti agar bisnis franchise Anda dapat berjalan dengan baik. Berbagai jenis bisnis dapat Anda lakukan. Hanya saja, Anda harus waspada dan mempertimbangkan betul bisnis jenis apa yang ingin Anda jalankan. Hal ini untuk meminimalisir kerugian. Semoga artikel kali ini dapat menjadi inspirasi Anda dalam membuka bisnis franchise. Salam wirausaha!
Tips Keren Membuka Bisnis Franchise Rating: 4.5 Diposkan Oleh: taufik rachman

0 comments:

Post a Comment

Silahkan komentari info lomba ini

Cari More Lomba

Masukkan emailmu di bawah biar selalu dapet update lomba terbaru

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Follow Blog Info Lomba ya. Gak follow awas, gue jitak :D

Lomba Kuis Kontes Info Menarik