Cara Mendidik Anak Perempuan yang Benar


Memiliki anak adalah sebuah anugerah bagi setiap keluarga. Tak jarang kehadiran sang buah hati sangat dinanti-nanti bagi pasangan suami-istri. Kehadiran anak laki-laki atau anak perempuan tentulah sama saja, karena semua adalah karunia dari Tuhan. Seperti pepatah yang berbunyi “kita tidak bisa memilih siapa orang tua yang melahirkan kita”. Begitupula sebaliknya, ketika Tuhan menganugerahkan seorang anak laki-laki ataupun seorang anak perempuan, itu merupakan sebuah karunia dari Tuhan yang harus kita jaga sepenuh hati.

Pada dasarnya, laki-laki dan perempuan mempunyai karakter yang berbeda. Laki-laki cenderung menggunakan akalnya, tetapi perempuan cenderung menggunakan perasaannya. Oleh karenanya, dalam mendidik anak laki-laki ataupun perempuan juga terdapat sedikit perbedaan. Berikut kami ulas beberapa cara mendidik anak perempuan yang benar.

1. Mengajarkan Ilmu Agama
Agama adalah pedoman dalam mengarungi kehidupan. Segala ajarannya berisi tentang kebaikan dan norma-norma yang harus dipatuhi dalam menjalani hidup. Mengajari anak sejak dini tentang ilmu agama, akan lebih mudah terpatri di dalam benak seorang anak hingga besar kelak, sehingga anak mengetahui hal-hal apa saja yang harus dilakukan, dan hal-hal apa yang dilarang oleh agama. Mengajarkan ilmu agama sejak dini akan membantu orang tua ketika sang anak perempuan mulai bisa bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya.

2. Mengajarkan Berperilaku Sopan Santun
Mengajari anak perempuan bagaimana berperilaku sopan merupakan hal yang sangat penting. Perilaku sopan santun sudah bisa diajarkan kepada anak sejak usia 1 – 1,5 tahun ketika si anak sudah mulai memahami ucapan orang tua. Hal sederhana misalnya saja, si anak diajarkan mengucapkan “terimakasih” ketika mendapatkan sesuatu. Seiring bertambahnya usia anak, kita bisa mengajari bagaimana cara berbicara sopan kepada orang-orang di sekitarnya. Memasuki usia sekolah, kita bisa  mengajarkan anak bagaimana cara berpakaian yang sopan.

Seiring bertambahnya usia, anak akan paham tentang pentingnya sopan santun. Yang terpenting adalah kita sebagai orang tua jangan pernah bosan untuk terus selalu mengajarkan tata krama pada anak. Hal ini dikarenakan mengajarkan sopan santun kepada anak sejak dini mempunyai dampak positif pada masa mendatang. Diantaranya adalah ; anak mampu menghargai orang lain disekitarnya. Selain itu, mengajarkan sopan santun sejak dini dapat menimbulkan rasa percaya diri, cerdas secara emosional, serta anak jadi tahu cara mengendalikan diri bagaimana berperilaku yang baik ataupun yang buruk.

3. Mengajarkan Tentang Pergaulan
Mengajarkan kepada anak perempuan tentang bagaimana cara bergaul kepada sesama anak perempuan lainnya, maupun bergaul kepada lawan jenis, merupakan hal penting yang harus diajarkan kepada anak selanjutnya. Hal ini dikarenakan supaya si anak menjadi tahu akan hak dan kewajibannya sebagai perempuan.

Ayah dan Bunda wajib mengajarkan bagaimana anak perempuan bersikap dengan lawan jenis supaya tidak melakukan interaksi yang salah, serta agar perilakunya tidak sama dengan laki-laki.

4. Mengajarkan Tentang Reproduksi
Maraknya kasus kekerasan seksual pada anak, menjadikan orangtua wajib mengajarkan tentang reproduksi kepada anak perempuan. Hal ini tentu sangat meresahkan orangtua. Untuk itu, orang tua sebaiknya mengajarkan pendidikan tentang reproduksi kepada anak sejak dini.  Dimulai dengan mengenalkan bagian tubuh mana yang boleh dilihat, yang tidak boleh dilihat, yang boleh disentuh, dan yang tidak boleh disentuh.

Kemudian, mengajari konsep dasar perbedaan jenis kelamin pada anak. Misalnya batasan-batasan apa saja yang boleh ataupun tidak boleh dilakukan kepada lawan jenis.

Demikian beberapa cara mendidik anak perempuan yang benar. Semoga bermanfaat. Info lebih lengkap lihat parentingclub.com

Cara Mendidik Anak Perempuan yang Benar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: taufik rachman

0 comments:

Post a Comment

Silahkan komentari info lomba ini

Cari More Lomba

Masukkan emailmu di bawah biar selalu dapet update lomba terbaru

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Follow Blog Info Lomba ya. Gak follow awas, gue jitak :D

Lomba Kuis Kontes Info Menarik