Bagaimana Sih Menjaga Luka Bekas Caesar?


Melahirkan adalah suatu perjuangan yang luar biasa bagi setiap wanita. Bagaimanapun proses lahirannya, baik normal ataupun melalui cara operasi Caesar, setiap wanita akan merasakan sakit yang luar biasa dan perjuangan antara hidup dan mati.

Namun selama ini stigma masyarakat selalu menyudutkan wanita yang melahirkan dengan cara Caesar itu enak dan tidak sama perjuangannya dengan yang lahiran dengan cara normal. Padahal bagaimana pun cara melahirkan , perjuangan nya itu sama.

Bagi yang melahirkan dengan proses normal harus merasakan sakit selama proses melahirkan. Sedangkan bagi yang melahirkan dengan cara operasi Caesar, harus merasakan sakit pasca operasi, yaitu merasakan luka bekas operasi Caesar.

Maka dari itu bagi anda yang melahirkan dengan cara operasi Caesar, anda harus mengetahui bagaimana perawatan untuk luka pasca operasi Caesar. Yakin deh luka caesar itu nantinya bisa kembali sembuh dan kulit pun kembali mulus. Tidak perlu khawatir sekalipun mungkin awalnya bekas luka ini menimbulkan pemandangan yang tak nyaman dilihat, tapi dengan perawatan yang tepat, bekas luka itu bisa tak berbekas lagi.

Berikut ini beberapa tips dalam melakukan perawatan luka operasi Caesar  di antaranya adalah :

1. Pastikan untuk tidak terkena air
Jika bisa sebisa mungkin luka operasi Caesar jangan sampai terkena air karena akan membuat proses pengeringan luka menjadi lebih lama. Maka dari itu gunakan plaster yang anti air jika memang anda ingin mandi, atau anda bisa mengatasinya dengan mandi menggunakan waslap saja untuk bagian badan dan perut.

2. Selalu rutin mengganti perban
Bekas luka harus senantiasa bersih dan terjaga dari kuman. ,maka dari itu anda harus rutin mengganti perban minimal satu kali dalam satu hari. Bila luka masih sangat basah, anda bisa menggantinya dua kali dalam sehari. Mengganti perban ini bisa anda lakukan dengan meminta bantuan kepada suami atau saudara, sebab akan sangat sulit bagi yang baru saja melakukan operasi untuk mengganti perban sendiri.

3. Tidak banyak melakukan aktifitas berat
Untuk menjaga luka operasi Caesar supaya tidak terbuka lagi, salah satu caranya adalah dengan tidak melakukan kegiatan atau aktifitas yang berat. Contohnya adalah mengangkat beban atau banyak menggerakan badan terutama area perut. Sampai luka kering anda harus berhati hati.

Itulah beberapa tips dalam melakukan perawatan luka operasi Caesar bagi anda yang melahirkan melalui proses operasi Caesar. Cari info kesehatan lainnya di https://www.guesehat.com/.

Bagaimana Sih Menjaga Luka Bekas Caesar? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Tauf

0 comments:

Post a Comment

Silahkan komentari info lomba ini

Cari More Lomba

Masukkan emailmu di bawah biar selalu dapet update lomba terbaru

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Follow Blog Info Lomba ya. Gak follow awas, gue jitak :D

Lomba Kuis Kontes Info Menarik