Cara Menghidupkan Laptop Asus Mati


lagi cari cara menghidupkan laptop asus yang mati total baterai tanam? atau mungkin laptop asus tidak bisa nyala tapi lampu power hidup?

terus jadi kepikiran kan berapa kira2 biaya service laptop asus mati total? waduh biyungg!!

laptop mati total dan tidak bisa di charge emang masalah besar dan perlu ada segera solusinya.

apalagi jika laptop asus ini termasuk penting. masalah seperti laptop tidak bisa nyala tapi lampu charger hidup bisa bikin puyeng.

nih gini ikuti cara mengatasi laptop tidak bisa nyala tapi lampu power hidup seperti di bawah ini

Kegagalan fungsi hardware dan software, maupun brainware atau pengguna, merupakan pemicu berbagai permasalahan laptop mati yang tidak bisa dinyalakan. Permasalahan laptop yang tidak bisa dihidupkan bisa terjadi karena masalah mesin, masalah pada sistem operasi, maupun ketidaktahuan penggunanya.

Sebelum memutuskan untuk membawa ke service centre atau klaim garansi, ada baiknya permasalahan laptop yang tidak bisa dapat dinyalakann diteliti terlebih dahulu. Menelitinya bisa melalui mencari Google, maupun menanyakan teman yang ahli dalam hal software dan hardware komputer.

Cara mencari di Google bagaimana? Bisa dengan mengetikkan permasalahan yang sedang dihadapi, misalnya ‘cara menghidupkan laptop yang mati’, atau ‘cara menghidupkan laptop yang error’, ataupun diungkapkan dengan bahasa lain yang mudah dimengerti. Hasil pencarian bisa dibaca-baca sebagai referensi, namun tetap harus dicerna dengan logika.

Kasus laptop mati disini dibagi menjadi tiga jenis, yaitu laptop yang lampu indikatornya tidak menyala, lampu indikator, mesin dan kipas menyala namun layar blank, serta lampu indikator menyala tapi layar tidak menampilkan apapun. Berikut penjelasannya.

Lampu Indikator tidak Menyala


Beberapa pengguna terkadang bingung kenapa laptopnya tidak bisa hidup saat tombol power ditekan. Padahal permasalahannya bisa jadi hanya karena laptop tidak terisi daya alias baterai habis, sehingga dibongkar seperti apapun tidak akan hidup.

Lantas, bagaimana cara menghidupkan laptop yang mati karena baterai habis? Tentu saja, hubungkan laptop dengan sumber daya listrik melalui charger. Seluruh laptop dilengkapi dengan kabel charger untuk mengisi ulang daya baterai. Kabel charger disambungkan ke listrik, kemudian dihubungkan ke laptop melalui socket pengisi daya.

Setelah tersambung, pastikan lampu indikator pengisi daya pada laptop (biasanya terletak di bagian tepi bawah) telah hidup. Lampu indikator yang hidup menandakan adanya aliran listrik sedang mengisi daya baterai. Laptop dapat langsung dihidupkan, atau ditunggu hingga terisi penuh.

Kadang-kadang, laptop yang baru saja disambungkan ke daya listrik tidak langsung terisi dan masih tidak bisa dihidupkan. Hal ini bisa terjadi ketika baterai laptop benar-benar habis. Dibutuhkan waktu beberapa menit agar daya baterai “pulih” dan dapat dihidupkan kembali.

Jika setelah disambungkan dengan charger dan ditunggu beberapa menit laptop tetap tidak menyala, coba cabut baterai laptop untuk sementara. Beberapa laptop memiliki baterai yang bisa dilepas pasang.

Apabila setelah dicabut laptop bisa menyala tanpa baterai, berarti permasalahan terletak pada komponen baterai dan koneksinya dengan BIOS. Jika masih tetap tidak menyala walaupun sudah diisi daya, coba cek charger atau adaptor listrik.

Khusus laptop baterai tanam, prosedur melepas baterai tidak bisa dilakukan. Baterai tanam atau built-in battery adalah baterai bawaan pada laptop yang tidak bisa dilepas pasang. Istilahnya, baterai non-removable. Baterai seperti ini menempel sebagai satu kesatuan dari laptop itu sendiri.

Baterai tanam adalah kebalikan dari baterai lepas pasang. Jika baterai lepas pasang bisa dilepas untuk sementara, baterai tanam tidak bisa diperlakukan seperti itu, karena kondisinya yang telah menjadi satu kesatuan dengan mesin.

Lantas, bagaimana cara menghidupkan laptop ASUS yang mati total baterai tanam? Atau, cara menghidupkan laptop Acer yang mati total baterai tanam?

Laptop dengan baterai tanam memiliki pilihan force reset untuk mengatasi masalah-masalah seperti ini. Secara singkat, force reset bertujuan untuk mengatur kondisi laptop ke semula dengan mengembalikan koneksi BIOS dan perangkat keras ke posisi saat belum dihidupkan.
Proses force reset menginterupsi kerja BIOS, perangkat keras dan baterai. Force reset tidak berpengaruh terhadap data-data yang tersimpan di harddisk, sehingga tidak menyebabkan data hilang atau rusak.

Masing-masing merk laptop memiliki prosedur force reset tersendiri. Prosedur force reset untuk merk laptop ASUS, ACER dan Lenovo dikupas tuntas disini.

Force reset laptop ASUS baterai tanam


Cara menghidupkan laptop ASUS yang mati dapat dicoba dengan melakukan force reset, untuk perangkat dengan baterai tanam. Langkah-langkah force reset untuk laptop ASUS diambil dari website resmi ASUS Indonesia. Cara menghidupkan laptop ASUS yang mati ini ditujukan untuk berbagai seri notebook ASUS.

Pertama, charger atau adaptor harus dilepaskan dari sumber listrik. Pastikan tidak ada aliran listrik ke laptop selama proses force reset.

Langkah selanjutnya dapat dilakukan dengan menekan dan menahan tombol power. Tombol power adalah tombol yang digunakan untuk menghidupkan laptop. Tombol power ditekan selama 30 detik.
Setelah 30 detik, lepaskan tekanan pada tombol power. Charger dapat disambungkan kembali ke sumber daya dan dipasangkan ke laptop melalui socket pengisi daya.

Terakhir, coba hidupkan laptop dengan menekan tombol power seperti biasa. Apabila force reset ini berhasil, laptop ASUS akan menyala seperti sedia kala.

Force reset laptop Acer baterai tanam


Hampir sama dengan ASUS, menghidupkan laptop Acer baterai tanam dapat dilakukan melalui force reset. Prosedur force reset ini diambil dari website resmi Acer Indonesia, yang mana diistilahkan juga dengan power reset.

Langkah pertama, charger atau adaptor harus dilepaskan dari sumber listrik. Selama force reset tidak boleh ada aliran listrik ke laptop

Selanjutnya, tombol power ditekan dan ditahan selama 30 detik. Pada beberapa laptop Acer terbaru, posisi tombol power menyatu dengan keyboard. Setelah 30 detik, charger dapat disambungkan kembali dan tombol power ditekan seperti biasa.

Selain itu, ada juga cara force reset lain yang diambil dari buruhtekno.blogspot.com. Langkah-langkah force reset ini melibatkan lubang battery reset yang ada pada laptop Acer.

Langkah pertama sama dengan cara sebelumnya, laptop tidak boleh terhubung dengan charger yang sedang dialiri daya listrik. Charger sebelumnya harus dilepas dari laptop.

Apabila laptop sudah lepas dari charger, cari lubang battery reset. Lubang battery reset berada di bagian bawah laptop.

Baterai dapat di-reset dengan cara menekannya selama empat detik. Proses untuk menekan tombol battery reset agak sulit, karena harus menggunakan bantuan seperti klip kertas untuk mencapai tombol yang ada di dalam.

Setelah berhasil menekan tombol battery reset selama empat detik, diamkan laptop selama kurang lebih lima menit. Laptop dibiarkan diam tanpa dialiri daya listrik, dalam artian tidak di-charge.
Terakhir, coba hubungkan charger ke laptop. Nyalakan laptop seperti biasa dengan menekan tombol power.

Force reset laptop Lenovo baterai tanam
Cara menghidupkan laptop Lenovo yang mati dengan force reset sama seperti laptop ASUS dan Acer. Cara ini dapat dipraktekkan pada laptop lenovo dengan jenis baterai lepas-pasang maupun baterai tanam.

Pertama pastikan laptop sudah tidak terhubung dengan sumber daya listrik. Tekan dan tahan tombol power selama lima detik, kemudian diamkan sebentar. Charger dapat dihubungkan kembali ke laptop dan tombol power ditekan seperti biasa untuk menghidupkan laptop.

Apabila tidak mempan, ada cara lain yang dapat ditempuh. Cara ini sedikit berbeda dengan force reset laptop ASUS dan Acer. Force reset pada Lenovo dilakukan melalui tombol recovery yang dinamakan Novo.

Tombol Novo pertama kali muncul pada laptop Lenovo seri Idea. Tombol recovery ini berada di sisi kiri atau kanan laptop, atau bisa juga di sekitar tombol power. Novo terhubung dengan sistem OneKey Recovery.

Untuk melakukan force reset melalui Novo, laptop dipastikan tidak terhubung dengan sumber daya listrik. Siapkan sebuah penjepit kertas untuk membantu menekan tombol Novo.

Saat laptop sedang keadaan shut down, tekan tombol Novo dengan bantuan penjepit kertas. Pengguna akan diarahkan ke menu recovery. Pilih menu System Recovery, kemudian biarkan laptop memproses konfigurasinya.

Selain pada baterai, apabila laptop tidak bisa nyala tapi lampu charger hidup, bisa jadi ada masalah di socket pengisi daya. Untuk lebih memastikan permasalahannya, laptop dan adaptor bisa segera dibawa ke service center dan konsultasikan dengan ahlinya.

Sementara jika laptop masih baru, misalkan merk ACER, cara menghidupkan laptop ACER baru dilakukan dengan menekan tombol power. Beberapa laptop ACER keluaran terbaru memiliki tombol power yang menyatu dengan papan keyboard, tidak terpisah di bagian atas. Perhatikan posisi tombol-tombol penting pada laptop sebelum mulai menggunakannya.

Lampu Indikator, Mesin dan Kipas Menyala

Permasalahan RAM juga bisa mejadi penyebab laptop yang tidak mau hidup. Indikasinya, lampu power menyala, kipas menyala, tetapi layar tidak menampilkan apa-apa alias blank. Cara mengatasi laptop tidak bisa nyala tapi lampu power hidup, coba dicek kondisi RAM laptop.

Pengecekan kondisi RAM bisa dengan memperhatikan posisi RAM, apakah sudah terpasang dengan benar. Posisi yang tidak dikaitkan sempurna mengakibatkan RAM tidak terbaca, sehingga layar tidak bisa menampilkan apa-apa selain warna hitam.

Selain karena tidak terpasang dengan sempurna, bisa jadi RAM mengalami kerusakan. Hal seperti ini dapat dikonsultasikan dengan ahlinya di service center resmi laptop.

Hanya Lampu Indikator yang Menyala

Indikasi ketiga adalah laptop yang tidak bisa hidup, tetapi lampu indikator masih menyala. Masalah seperti ini bisa menghampiri karena ada yang tidak beres di komponen laptop bagian dalam. Cara menghidupkan laptop yang mati namun indikatornya menyala, yaitu dengan memperhatikan dalaman mesin yaitu processor, mainboard, maupun power.

Processor adalah otak dari sebuah laptop. Sama halnya dengan otak manusia yang memegang kendali terhadap jalannya metabolisme tubuh, otak komputer juga bertanggung jawab terhadap proses-proses yang berjalan antara hardware dan software komputer. Mainboard pun sama pentingnya dengan processor, karena berbagai komponen termasuk processor menempel di mainboard.

Jika laptop dalam kondisi biasa, RAM juga sudah dicek dan terpasang dengan sempurna, namun hanya lampu indikator yang hidup, tidak ada salahnya untuk memperhatikan bagian processor, mainboard dan power. Bisa jadi ada masalah seperti tertumpuk debu super tebal, pasta yang sudah terlalu kering, hingga ada komponen yang rusak.

Ketika dihadapkan pada situasi laptop yang tidak bisa hidup, sebaiknya jangan langsung panik. Beberapa orang bisa saja panik sehingga mengambil keputusan yang salah dan mengakibatkan permasalahan semakin parah. Padahal, bisa saja laptop mengalami permasalahan ringan, atau masalah kecil seperti daya baterai yang habis dan harus diisi ulang.

Sebelum memutuskan tindakan-tindakan yang akan diambil untuk mengatasi permasalahan laptop mati yang tidak bisa hidup, kondisi laptop dapat dianalisa terlebih dahulu. Beda permasalahan, beda pula cara penanganannya. Apabila permasalahan yang dihadapi ternyata serius, sangat disarankan untuk berkonsultasi kepada ahlinya.

terus sering2 nyalain tuh laptop biar nggak mati karena lama tidak dipakai. sekian dulu ya

Cara Menghidupkan Laptop Asus Mati Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Tauf

0 comments:

Post a Comment

Silahkan komentari info lomba ini

Cari More Lomba

Masukkan emailmu di bawah biar selalu dapet update lomba terbaru

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Follow Blog Info Lomba ya. Gak follow awas, gue jitak :D

Lomba Kuis Kontes Info Menarik