Kenapa Asuransi Penting bagi Generasi Milenial?


Yakin deh kamu semua udah tahu apa itu asuransi. Tapi masalahnya kadang masih ada yang nganggap kalau asuransi itu baru penting dipikirkan kalau kita udah menikah dan berkeluarga.

Padahal anggapan semacam ini nggak sepenuhnya betul lho.

Mau bukti?

Tengok aja apa yang dilakukan orang tua kita. Iya sih, mungkin juga mereka ikut asuransi setelah berkeluarga. Akan tetapi coba tengok apa yang mereka lakukan saat itu. Orang tua kita juga mengikutkan anak-anak ke dalam program asuransi. Ini menunjukkan rasa cinta dan kasih sayang agar keluarga selalu mendapatkan perlindungan yang maksimal.

Nah, kita semua para generasi milenial ini  karena itu penting juga untuk mengikuti apa yang sudah orang tua kita lakukan. Lebih cepat lebih baik, karena kalau sejak awal kita terbiasa melakukan planning akan hal-hal yang mungkin terjadi di masa depan, harapannya hidup kita akan lebih tertata.

Alasan Ikut Asuransi bagi Kaum Muda


Nah, kalau kamu masih perlu alasan kenapa sih kok ikutan asuransi, baik deh, kita jabarkan di bawah ini ya...

1. Perlindungan

Apapun jenis asuransinya, fungsi utama adalah untuk proteksi. Contohnya kalau kamu ikut asuransi jiwa atau asuransi kesehatan, nantinya asuransi ini bisa meng-cover hal-hal yang tak terduga.

Misalnya saat ada yang sakit, sementara dana yang kita miliki terbatas, nah di saat itulah asuransi yang kita ikuti dapat membantu untuk meng-cover biaya pengobatan kita.

Memang betul saat ini sudah ada BPJS kesehatan. Tapi akan lebih baik kalau kita juga memiliki asuransi, supaya perlindungan yang didapatkan bisa lebih maksimal.

2. Mencapai Tujuan Jangka Panjang

Walau masih muda, tapi sangat baik kalau kamu sudah merancang dari sekarang apa yang ingin kamu capai di masa depan. Dengan ikut asuransi bisa ikut membantu mencapainya. Sebab ada beberapa jenis asuransi yang juga berfungsi sebagai investasi. Nah dengan begitu, nantinya kamu juga akan mendapatkan benefit tambahan berupa hasil investasi.

3. Ikut Asuransi Itu Makin Murah Selagi Muda

Ini juga alasan pentingnya. Makin awal kita ikut asuransi, maka biaya asuransi yang perlu kita bayarkan akan lebih murah. Sebab usia juga menjadi salah satu faktor penting dalam penentuan premi.

Jadi, mumpung masih muda, coba mulai pikirkan dari sekarang untuk segera mencoba ikut asuransi.

4. Lebih Tenang

Takdir itu sudah ada yang mengatur. Tugas kita adalah mempersiapkan yang sebaik-baiknya. Ikut asuransi adalah salah satu cara dalam mempersiapkan diri.

Dengan kata lain, kamu akan lebih tenang jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di masa mendatang. Sebab semuanya sudah kami persiapkan dengan baik.

Contoh saja nih, siapapun pasti tak ingin hal buruk terjadi. Misalnya terjadi kecelakaan atau sakit tertentu yang sampai membutuhkan biaya besar. Kalau kita tidak melakukan persiapan apapun, bisa jadi nantinya kita kelabakan. Apalagi jika kita tak memiliki cukup dana cadangan saat ada "badai" menerpa. Bisa-bisa nantinya kita bakalan stres kalau pas terjadi hal itu.

Nah, hal semacam itu bisa dicegah kalau kita sudah memiliki asuransi sebelumnya.

Lagi pula sekarang asuransi itu sudah murah. Dan bahkan ada yang spesifik sesuai keperluan. Misalnya asuransi tipus, asuransi untuk demam berdarah, dan lainnya. Jadi kita pun bisa memilih asuransi sesuai keperluan.

Tips Memilih Asuransi bagi Kaum Milenial


Yang juga tak kalah pentingnya adalah kamu memilih asuransi terbaik. Bagaimana cara mengetahuinya?

Kamu bisa ikuti beberapa tips berikut ini:

1. Ketahui Kebutuhan

Seperti apa kebutuhanmu? Ini hal penting untuk menentukan asuransi yang tepat. Jelas, proteksi kesehatan itu hal yang penting. Sebab selama kita hidup, pastilah kita pernah merasakan sakit.

Karena itu jenis asuransi kesehatan menjadi hal yang penting dimiliki. Selain itu, kita bisa coba gali kebutuhan lainnya agar bisa mendapatkan produk asuransi yang tepat.

2. Cari Produk yang Cocok

Perusahaaan asuransi itu memiliki banyak produk. Oleh karena itu kita perlu jeli untuk mengetahui detail dari setiap produk agar bisa mengetahui produk apa yang cocok bagi kita.

Pihak asuransi pasti mau menjelaskan dengan baik setiap produk yang ditawarkan. Mereka akan menjelaskan nilai plus dan minus dari setiap produk. Nah, kamu tidak perlu terburu-buru untuk memutuskan ikut yang mana. Kamu bisa coba ketahui secara keseluruhan lebih dulu. Baru nantinya kamu bisa tentukan apa produk asuransi yang cocok sesuai kebutuhanmu.

3. Kenali Kemampuan

Setelah kita tahu apa kebutuhan kita, tahu produk apa yang kira-kira cocok, berikutnya coba takar kemampuan kita. Nah, kita nantinya bisa memilih premi asuransi yang sesuai kemampuan.

Tidak harus bayar premi setiap bulan. Ada juga asuransi yang bayarnya tiap berapa bulan sekali atau bahkan per tahun.

Bagaimana cara untuk mengukur kemampuan bayar premi? Kamu bisa alokasikan maksimal 20 persen dari pendapatanmu. Sekalipun kamu masih muda, tapi mungkin sudah punya penghasilan sendiri. Misalnya saja penghasilanmu per bulan adalah Rp3 juta, berarti untuk 20 persen adalah Rp600 ribu. Ya itu jumlah maksimal premi yang bisa kamu bayarkan.

4. Pastikan Pilih Asuransi Terpercaya

Ya, pilih asuransi yang sudah memiliki tingkat keterpercayaan yang baik, seperti misalnya Allianz, jiwa Cigna, Zurich, Sequis, dan brand asuransi terbaik lainnya.

Kamu bisa pilih yang menurutmu paling sreg di hati.

Keempat hal itu yang penting untuk kamu perhatikan saat memilih asuransi. Jadi formulanya sebagai berikut:

KEBUTUHAN + PRODUK + KEMAMPUAN + BRAND INSURANCE = ASURANSI yang TEPAT

Jadi, yuk mulai pikirkan dari sekarang. Lebih baik "sedia payung sebelum hujan". Akan lebih bijak kalau kita mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik sejak awal. Terlebih yang berkaitan dengan kesehatan dan kehidupan kita.

image credit: insurancechat.co.za, project-sherpa.eu, compass-insurance-agency.com






Kenapa Asuransi Penting bagi Generasi Milenial? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Tauf

0 comments:

Post a Comment

Silahkan komentari info lomba ini

Cari More Lomba

Masukkan emailmu di bawah biar selalu dapet update lomba terbaru

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Follow Blog Info Lomba ya. Gak follow awas, gue jitak :D

Lomba Kuis Kontes Info Menarik