Upacara Buang Perahu, Tradisi Unik Nelayan Belitung

Upacara buang perahu merupakan salah satu adat unik nelayan Belitung. Akan tetapi, perahu yang dibuang tentu bukan sungguhan. Upacara ini merupakan bagian dari tradisi memohon keselamatan saat melaut, dan terdiri dari rangkaian kegiatan yang menarik untuk kamu simak. Jika mencari hotel di Belitung, jangan lupa membuat rencana perjalanan untuk melihat upacara ini.


(sumber : radarbangka.co.id)

Apa Itu Upacara Buang Perahu?

Upacara buang jong (buang perahu) adalah tradisi suku Sewang, masyarakat nelayan yang kebanyakan tinggal di Tanjungpandan. Tradisi ini berkaitan dengan keselamatan nelayan, terutama jika mereka harus melaut pada bulan-bulan seperti Agustus, Oktober, dan November. Angin barat yang bertiup pada waktu-waktu tersebut membuat laut menjadi lebih ganas dan berbahaya.

Para nelayan menanggapinya dengan membuat perahu kecil yang dihias meriah. Di dalamnya, terdapat ancak (kerangka rumah kecil) serta sesaji. Nelayan lalu menghanyutkan perahu tersebut ke laut, sebagai persembahan sekaligus harapan agar mereka selalu selamat saat melaut, terutama saat cuaca memburuk.

Kampung Tanjung Pendam merupakan salah satu lokasi favorit wisatawan untuk menyaksikan upacara unik ini. Beragam aktivitas adat, termasuk ritual dan musik, menjadi tontonan yang menarik.

Kegiatan Acara Buang Jong

Tradisi buang perahu tidak hanya berisi kegiatan menghanyutkan replika kecil. Jika kamu menghadiri acara ini dari awal, kamu akan melihat rangkaian kegiatan berupa:

Berasik

Berasik adalah kegiatan pembacaan doa oleh pemuka adat. Doa tersebut ditujukan untuk makhluk-makhluk spiritual yang memegang peran penting dalam keberhasilan upacara. Konon, ketika pemuka adat melantunkan doa, fenomena alam seperti ombak yang tiba-tiba membesar atau angin yang mendadak berhembus kencang sering terjadi.

Tarian Ancak

Tarian Ancak adalah tarian yang dilakukan saat para pemuda menggotong replika perahu. Para pemanggul menggoyang-goyangkan perahu ke semua penjuru angin, diiringi suara gong dan gendang. Salah satu penari biasanya berakhir “kesurupan” dan memanjat tiang tinggi yang disediakan.

Tari Sambang Tali

Tari Sambang Tali adalah tari tradisional masyarakat Sewang. Inspirasinya datang dari sejenis burung yang menjadi panduan nelayan lokal untuk menemukan ikan. Tarian ini dilakukan untuk menghargai jasa burung-burung tersebut.

Numpak Duyung

Numpak duyung adalah ritual pengikatan tali pada pangkal tombak. Ritual kecil ini diiringi dengan pembacaan mantra khusus.

Beluncong dan nyalui

Beluncong dan nyalui dilakukan secara berurutan karena berkaitan dengan pembawaan lagu dan musik adat. Dalam beluncong, kamu bisa mendengar lagu adat masyarakat Sewang yang sudah jarang terdengar. Dalam nyalui, semua nyanyian berisi kenangan akan penduduk serta nenek moyang yang telah lama meninggal.

Semua acara ini berlangsung di area terbuka dekat pantai. Jika kamu pergi ke Belitung, jangan lupa mencari tahu kapan acara ini berlangsung agar bisa menyaksikannya. Upacara buang jong adalah objek foto yang menarik dan dinamis.

Tips Mencari Hotel Murah di Belitung

Sebelum memesan tiket untuk menyaksikan upacara ini, jangan lupa menemukan akomodasi nyaman. Booking hotel online adalah solusi mudah untuk menyewa akomodasi di Belitung, termasuk yang dekat dengan fasilitas umum. Airy Rooms membantumu menemukan berbagai jenis akomodasi untuk wisata di Belitung, mulai dari penginapan bintang dua hingga kamar sekelas hotel bintang empat.

Dapatkan kamar berfasilitas standar seperti pancuran air panas, TV, air mineral, AC, dan perlengkapan mandi. Metode pembayaran fleksibel semakin memudahkan rencana perjalananmu. Unduh aplikasi Airy dari Play Store atau Apple Store sekarang untuk menemukan akomodasi di Belitung.
Upacara Buang Perahu, Tradisi Unik Nelayan Belitung Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Tauf

0 comments:

Post a Comment

Silahkan komentari info lomba ini

Cari More Lomba

Masukkan emailmu di bawah biar selalu dapet update lomba terbaru

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Follow Blog Info Lomba ya. Gak follow awas, gue jitak :D

Lomba Kuis Kontes Info Menarik