7 Cara Ampuh Menghilangkan Bau Kaki


Bau kaki adalah salah satu masalah yang sangat umum terjadi, namun juga cukup meresahkan. Bau kaki tidak hanya membuat diri sendiri merasa tidak nyaman, namun juga orang sekitar. Cara menghilangkan bau kaki sebenarnya sangat banyak mulai dari alami hingga medis.

Setiap bagian tubuh manusia memiliki kelenjar keringat yang akan memproduksi keringat pada waktu tertentu. Berdasarkan Health Line, kelenjar keringat di kaki berjumlah lebih banyak dibanding pada bagian tubuh yang lain.

Kelenjar keringat di kaki berfungsi untuk menghasilkan keringat untuk menjaga kelembapan kulit dan mendinginkan tubuh. Pada kondisi tertentu, produksi keringat di kaki bisa saja berlebih ataupun berkurang yang menyebabkan kaki menjadi kering.

Selain keringat, secara alami juga terdapat bakteri di kaki yang jika bakteri tersebut menumpuk dan kaki memproduksi keringat berlebihan, maka akan berpotensi terjadi bau kaki. Kebiasaan tertentu juga bisa memicu adanya bakteri tambahan di kaki.

Berbagai Cara Menghilangkan Bau Kaki

Ada banyak cara untuk menghilangkan bau kaki, baik secara alami maupun medis, dan juga dengan mengubah kebiasaan sehari-hari, berikut beberapa diantaranya.

1. Rendam Air Garam

Merendam kaki dalam air garam dipercaya dapat dapat memiliki berbagai manfaat, mulai dari relaksasi, meredakan eksim, dan juga menghilangkan bau kaki. Caranya sangat mudah. Campurkan setenagh gelas garam dengan 4 gelas air hangat. Lalu, rendam kaki selama 10-15 menit ke dalam campuran tersebut.

2. Rendam Air Lemon

Buah lemon memiliki sifat antibakteri yang dapat mengatasi kelebihan keringat dan bakteri penyebab bau kaki. Caranya, campurkan perasaan 6 buah lemon dengan satu baskom air. Lalu, rendam kaki Anda hingga 15 menit di dalamnya.

3. Rendam Air Baking Soda

Selain garam dan lemon, baking soda juga dapat digunakan untuk mengatasi bau kaki. Caranya, campurkan ¼ gelas baking soda dengan air secukupnya. Anda juga bisa menambah perasan lemon di dalamnya. Lalu rendamlah kaki Anda ke dalam campuran air tersebut.

4. Rendam Air Cuka

Anda juga dapat menghilangkan bau kaki dengan merendam kaki dalam air cuka. Caranya, campurkan air dan cuka dengan perbandingan 2:1. Lalu, rendamlah kaki Anda selama 15 menit di dalamnya. Sebelum melakukan cara ini, pastikan tidak ada luka terbuka atau iritasi di kaki Anda.

5. Rendam Teh

Berdasarkan Reader’s Digest Best Health, asam tanat yang terdapat dalam teh dapat membantu membunuh bakteri penyebab bau kaki. Caranya, seduhlah dua kantung teh hitam dalam dua gelas air selama 15 menit. Lalu, campurkan teh dengan dua liter air. Tunggu hingga suhu air ideal untuk merendam kaki. Setelah itu, baru rendam kaki Anda hingga 30 menit.

6. Rendam Obat Kumur

Sifat antimikroba yang terdapat dalam obat kumur digunakan untuk membasmi bakteri dalam mulut, dan juga bisa digunakan untuk mengatasi bakteri yang ada di kaki. Caranya, campurkan 250 ml obat kumur dengan air secukupnya. Lalu, rendamlah kaki Anda selama 15 menit di dalamnya.

7. Kopi

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi bau kaki dengan menggunakan kopi. Cara pertama adalah dengan mencampurkan kopi dengan minyak kelapa. Lalu, jadikanlah campuran tersebut sebagai scrub kopi untuk mengangkat sel kulit mati.

Cara yang kedua adalah dengan menghilangkan bau sepatu yang Anda gunakan. Pasalnya, bau kaki juga bisa dipicu oleh bau yang tersisa pada alas kaki yang Anda gunakan. Masukkanlah bubuk kopi ke dalam kaos kaki yang bersih, lalu letakkanlah ke dalam sepatu hingga semalaman.

Itulah beberapa cara mengatasi bau kaki yang dapat Anda coba lakukan. Semoga bermanfaat.
7 Cara Ampuh Menghilangkan Bau Kaki Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Tauf

0 comments:

Post a Comment

Silahkan komentari info lomba ini

Cari More Lomba

Masukkan emailmu di bawah biar selalu dapet update lomba terbaru

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Follow Blog Info Lomba ya. Gak follow awas, gue jitak :D

Lomba Kuis Kontes Info Menarik