Hujan Bulan Juni (Puisi by Sapardi Djoko Damono)


Bulan Juni tahun 2019 nggak ada hujan. Tapi pencarian Hujan Bulan Juni sebagai puisi monumental dari maestro Sapardi Djoko Damono nggak pernah pudar.

Itu sebabnya LombaApaSaja pun kali ini akan menuliskannya. Ya, siapa tahu kamu mau ikutan lomba puisi, bisa menjadikan puisi ini sebagai salah satu inspirasinya.

begini puisi lengkap Hujan Bulan Juni yang terkenal:

“tak ada yang lebih tabah
dari hujan bulan Juni
dirahasiakannya rintik rindunya
kepada pohon berbunga itu
tak ada yang lebih bijak
dari hujan bulan Juni
dihapusnya jejak-jejak kakinya
yang ragu-ragu di jalan itu
tak ada yang lebih arif
dari hujan bulan Juni
dibiarkannya yang tak terucapkan
diserap akar pohon bunga itu”

keren kan?? :) sumbernya dari hujan bulan juni pdf. ya kalo kamu mau dapet dari goodreads or badreads juga nggak pa2 sih

hujan bulan juni dalam film

Ngomong2 soal hujan bulan juni itu sudah difilmkan loh. Bintangnya adalah Adipati Dolken, Velove Vexia dan banyak lagi

puisi di film hujan bulan juni ya yg seperti di atas tadi. Mimin sih belum sempet nonton
hujan bulan juni film 2017 itu. kumpulan puisi di film hujan bulan juni ada banyak dan bersumber dari puisi mbah Sapardi.

hujan bulan juni sinopsis tentang Pingkan yg diperankan oleh Velove Vexia. Nah dia itu kan dosen muda Sastra Jepang Universitas Indonesia. Terus dia kuliah ke Jepang selama 2 tahun.

Sarwono (yang diperankan Adipati Dolken) jadi gimana gitu karena ditinggal Pingkan. Soalnya selama ini mereka selalu berdua. Ya, isinya tetntang RINDU dan CINTA.

nah ngomong2 soal puisi hujan bulan juni menceritakan tentang RINDU dan KETABAHAN. Ya ini puisi bertemacinta sih dan emang hujan itu bikin orang kangen akan di si dia.

nah sekedar tahu, puisi hujan bulan juni udah tahuun 1950-an dibuat... waw, kalo benar berarti udah lebih dari setengah abad itu puisi.

karena ini puisi emang melegenda banget, banyak yang bikin musikalisasi puisi hujan bulan juni. cari aja deh di Youtube pasti banyak. seperti salah satunya di bawah ini



Nah segitu dulu soal puisi Hujan Bulan Juni ini. Ingat juga kalau hujan bagi yang muslim jangan lupa untuk baca doa musim hujan biar berkah. yang agama lain bisa berdoa sesuai ajarannya masing2.
Hujan Bulan Juni (Puisi by Sapardi Djoko Damono) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Tauf

0 comments:

Post a Comment

Silahkan komentari info lomba ini

Cari More Lomba

Masukkan emailmu di bawah biar selalu dapet update lomba terbaru

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Follow Blog Info Lomba ya. Gak follow awas, gue jitak :D

Lomba Kuis Kontes Info Menarik