Kenapa Back Up Data di Smartphone Begitu Penting


Kamu pernah punya pengalaman kehilangan data penting? Aku pernah. Dulu waktu masih kuliah. Begini ceritanya...

Terkait dengan skripsi yang aku kerjakan, aku menyimpan filenya hanya di laptop. Dan itu kesalahanku. Tidak memiliki back up data.

Sampai suatu ketika laptop ini rusak. Tidak bisa dinyalakan. Walhasil aku pusing tujuh keliling. Sudah coba untuk dibawa ke beberapa service center, sampai ke luar kota sekalipun, hasilnya nihil. Tetap hardisk laptop ini tak bisa diselamatkan.

Walhasil aku pun harus mengetik ulang dokumen beratus lembar tersebut. Tapi dari sana aku menyadari begitu pentingnya back updata. Sejak itu aku tak mau jatuh ke "lubang yang sama". Selalu aku pastikan mem-back up data yang kumiliki. Bukan hanya di laptop, tapi juga di HP.


Pengalamanku ini mungkin juga banyak dialami oleh yang lain. Kalau merujuk pada survey Western Digital disebutkan bahwa 67 persen orang Indonesia pernah kehilangan data di smartphone.

Tentu hal yang sangat menyakitkan ketika data itu begitu penting dan kamu membutuhkannya segera. Oleh karena itu, mulai sekarnag rajin-rajinlah untuk membiasakan diri melakukan back up data.

Sebab bagaimana memori HP itu terbatas. Mungkin tanpa sengaja kamu menghapus sebuah data untuk menghemat memori, padahal data itu sangat penting.

Atau bisa juga karena ada error pada smartphone yang membuat hilangnya data. Atau bisa juga karena serangan virus.

Data penting yang hilang itu bak kehilangan pasangan. Nyesek banget... 

Jadi sebelum hal buruk terjadi, lakukan back up data sesegera mungkin.

Mudah Cara Back Up Data di HP 

Mengingat sekarang zamannya smartphone, kebutuhan backup data itu bukan hanya untuk dokumen atau file yang ada di PC atau laptop. Kini aku juga membiasakan diri untuk mem-back up data-data penting yang ada di smartphone.

Ya, bagiku, HP atau smartphone ini adalah laptop keduaku. Di dalamnya terdapat banyak data-data penting terkait pekerjaan. Karena itu, aku berusaha untuk selalu mem-back upmu. Biar kalau terjadi apa-apa, aku tetap bisa mengakses data yang kuinginkan.

Kini kegiatan membackup data di hp ini makin mudah. Sebab sudah ada USB OTG SanDisk. Dengan alat ini, aku bisa memindahkan data dari smartphone, tablet, PC atau laptop dengan lebih mudah.

Proses transfernya pun sangat cepat. File ukuran besar dalam waktu singkat bisa cepat berpindah dari HP ke alat mungil istimewa ini. Karena USB OTG SanDisk memiliki kemampuan untuk mentransfer data dengan kecepatan 150MB per detik.

Cara untuk memindahkan data pun amat gampang. Sebab ada micro-USB connector yang bisa membuat USB 3.0 ini terhubung dengan mudah ke smartphonemu.


Ukuran USB OTG SanDisk ini pun bermacam-macam. Mulai dari kapasitas paling kecil berukuran 16GB sampai yang terbesar adalah 256 GB. Kalau aku boleh nyaranin sebaiknya kamu memiliki USB yang berkapasitas 256 GB. Biar lebih banyak data yang bisa kamu simpan ke USB OTG SanDisk ini.

Ya, kebutuhan penyimpanan data saat ini begitu penting. Kapasitas ruang yang besar amat dibutuhkan. Kamu bisa menyimpan musik favorit, foto-foto penting, dan dokumen penting di dalam flashdisk 3.0 Sandisk ini.

USB OTG SanDisk ini juga compatible dengan berbagai merek HP, seperti Xiaomi, Vivo, Samsung, dan merek lainnya. Kalau dipakai untuk laptop atau PC, USB OTG SanDisk ini juga kompatibel dengan OS Windows 7, Windows 8, Windows 10 dan bahkan MAC OS 19.6.

Untuk mendapatkan USB OTG SanDisk original, kamu bisa mendapatkannya di Official Store SanDisk di Shopee.

#DibuangSayang #SanDiskAPAC
Kenapa Back Up Data di Smartphone Begitu Penting Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Tauf

0 comments:

Post a Comment

Silahkan komentari info lomba ini

Cari More Lomba

Masukkan emailmu di bawah biar selalu dapet update lomba terbaru

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Follow Blog Info Lomba ya. Gak follow awas, gue jitak :D

Lomba Kuis Kontes Info Menarik