Blog Lomba 2020, Promo Menarik, Info Harga Terbaru Sambil Belajar

14 Kontribusi Nyata Freeport Indonesia untuk Papua


Sudah banyak yang menulis Kontribusi Freeport Indonesia untuk Papua dari sudut pandang ekonomi, seperti berupa penerimaan pajak, royalti, dividen, investasi, penyerapan tenaga kerja hingga pembangunan di daerah Papua. Semua itu adalah nyata.


Menurut KataData, kontribusi Freeport Untuk Indonesia dari Periode 1992-2017 Mencapai US$ 17,3 Miliar baik dalam bentuk dividen, royalti, pajak dan yang lainnya. Tapi mari kita coba melihatnya dari sudut pandang lain mengenai sumbangsih Freeport terhadap bumi Papua. Berikut ini daftarnya.

1. Membagikan 1.700 Buku

Sebanyak 1.700 buku didistribusikan ke warga Wamena Selatan pada sekitar November 2019 lalu. Kegiatan ini nantinya akan dilanjutkan ke wilayah Sarmi hingga Maybrat dan Kaimana. Tentu dengan kontribusi ini diharapkan dapat membantu memajukan SDM Papua.

2. Pengembangan instruktur BLK

Freeport Indonesia juga menjalin kerjasama dengan Balai Latihan Kerja Industri (BLKI) Provinsi Papua dan Balai Latihan Kerja (BLK) Sorong dalam bentuk bantuan pengembangan instruktur BLK. Dengan begitu diharapkan sumber daya manusia di Papua akan makin berkualitas.

3. Membantu usaha pengendalian malaria


Bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika, Freeport juga ikut membantu untuk usaha pengendalian malaria. Lewat sumbangsih ini diharapkan dapat membantu tujuan Kabupaten Mimika bebas Malaria pada tahun 2026 mendatang.

4. Layanan klinik terapung


Kontribusi Freeport dalam bidang kesehatan juga dilakukan dengan menyediakan layanan klinik terapung yang dilengkapi tim medis dan peralatan yang berkualitas di Kabupaten Mimika. Harapannya, dengan cara ini masyarakat dapat lebih mudah menjangkau fasilitas kesehatan yang baik.

5. Promosi budaya masyarakat

Freeport juga secara terus-menerus mendukung upaya pelestarian dan promosi budaya masyarakat Papua. Harapannya kekayaan suku-suku asli Papua dapat terus terpelihara bersama pembangunan yang berlangsung.

6. Budidaya kopi Amungme


Sudah pernah coba kopi Amungme? Kopi dengan rasa mantap ini merupakan kekayaaan lokal yang perlu terus dikembangkan. Disinilah FI memberikan sumbangsih nyata untuk membantu menjaga varietas kopi tersebut Indonesia agar dapat bersaing di panggung kopi dunia.

7. Mimika Sport Complex


Dukungan terhadap dunia olahraga di Papua salah satunya diwujudkan melalui pembangunan Mimika Sport Complex yang ada di Kabupaten Mimika, Papua. Kompleks olahraga seluas 12,5 hektar nantinya direncanakan akan menjadi salah satu venue dalam PON 2020.

8. Sekolah Asrama Taruna Papua


Melalui Sekolah Asrama Taruna Papua, diharapkan anak-anak Papua akan memiliki karakter yang kuat, mandiri dan tetap berpegang terhadap kultur adat asli setempat.

9. Pendampingan bisnis UKM


Freeport Indonesia juga melakukan pendampingan terhadap usaha mikro kecil dan menengah (ukm). Pada tahun 2018 lalu, terdapat 179 pengusaha binaan Papua yang hampir 70 persennya merupakan masyarakat Asli Papua. Dari kegiatan ini mampu menciptakan lapangan kerja lebih dari 1.000 orang.

10. Pengembangan perikanan

Bekerjasama dengan Koperasi Maria Bintang Laut (KMBL) Keuskupan Timika, Freeport melakukan pendampingan terhadap pengembangan perikanan tangkap dan budidaya perikanan air tawar. Program ini sudah dimulai sejak tahun 2005 dan memberikan dampak positif bagi hasil tangkapan dan kesejahteraan nelayan.

11. Membangun Rumah Sakit Mitra


Melalui Lembaga Pengembangan Masyarakat Amungme dan Kamoro (LPMAK) dibangun Rumah Sakit Mitra Masyarakat di Timika. Dengan adanya RS ini diharapkan dapat memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat asal Papua Tujuh Suku. tak hanya itu, Freeport juga membangun lima klinik kesehatan di sejumlah distrik di Mimika.

12. Sekolah asrama


Sekolah asrama untuk putra-putri Papua telah dibangun dengan dana kemitraan PT Freeport Indonesia. Dengan adanya sekolah ini diharapkan dapat mempermudah anak usia sekolah di wilayah terpencil untuk mendapatkan pendidikan.

13. Pemantauan Lingkungan


Upaya untuk menjaga kelestarian alam Papua terus dilakukan. Salah satunya dengan secara rutin mengukur kualitas air permukaan, kualitas air bawah tanah, biologi, hidrologi, sedimen, kualitas udara serta meteorologi. Setiap tahunnya dilakukan uji sampel lebih dari 7.000 contoh dan menghasilkan lebih dari 50.000 hasil analisa. Semua ini dilakukan demi menjaga lingkungan alam Papua agar tetap lestari.

14. Unit tanggap darurat


Terdapat unit Emergency Preparedness & Response (EP& R) dari Freeport Indonesia. Tugas unit ini untuk memberikan bantuan dan penyelamatan terhadap kasus tanggap darurat.

Demikianlah sejumlah kontribusi nyata Freeport Indonesia untuk Papua. Namun tentu kontribusi ini belum apa-apa. Masih banyak yang perlu dilakukan lagi untuk memajukan masyarakat Papua dan Indonesia.

1 comment:

  1. jadi penasaran sama kopi amungme kaya gimana rasanya, ternyata udah dijual ke luar negeri juga

    ReplyDelete

Silahkan komentari info ini. Atau ada pertanyaan?

Copyright © LombaApaSaja . All rights reserved. Template by CB