Blog Lomba 2020, Promo Menarik, Info Harga Terbaru Sambil Belajar

Bagaimana Cara Pemanasan Olahraga yang Mudah?

Pemanasan sebelum olahraga perlu dilakukan sebelum melakukan hidangan utama berohlaraga. Bagaimana cara untuk melakukan pemanasan olahraga? Bisa dilakukan dengan berjalan-jalan, berlari kecil di tempat, dan melakukan senam. 


Pengenalan Pemanasan Olahraga 

Pemanasan olahraga sudah diterima secara universal, sebelum melakukan olahraga. Ada 2 tujuan melakukan pemanasan olaraga bagi para atlet atau pemula amatir. Tujuan dari pemanasan olahraga diantaranya yaitu mempersiapkan mental dan mempersiapkan fisik sebelum masuk ke hidangan utama.  

Namun, dalam konsep lama ini sudha memiliki berbagai pengembangan tujuan dari pemanasan olahraga. Kurang lebih pengembangan dari pemanasan olahraga memiliki tambahan tujuan yaitu mencegah cidera dan meningkatkan performa. 

Sudah disebutkan sebelumnya, melakukan pemanasan olahraga bisa dilakukan dengan berjalan, berlari kecil di tempat, dan senam ringan. Anda bisa melakukannya dengan jangka waktu 2 - 5 menit saja. Tetapi, lebih baik lagi jika Anda melakukan pemanasan 10-30 menit. 

Bagaimana Cara Melakukan Pemanasan yang Benar? 

Apakah Anda sudah mengetahui cara untuk melakukan pemanasan yang benar? Inilah cara yang bisa diterapkan ketika melakukan pemanasan olahraga, diantaranya sebagai berikut: 

1. Memutarkan kepala 

Anda bisa melakukan gerakan memutar kepala, dengan 20 hitungan. Anda bisa memutarkan kepala dari sisi kanan ke kiri atau memutar kepala dari sisi atas ke bawah. 10 x 2 repetisi bisa dilakukan untuk memanaskan tubuh sebelum masuk ke olahraga inti. 

2. Memutar kedua lengan dengan bermacam variasi 

Setelah memutar kepala, saat ini untuk melakukan pemanasan bisa dilakukan dengan memutar kedua lengan dengan berbagai macam variasi. Anda bisa memutar kedua lengan dengan variasi masuk ke dalam atau variasi ke luar. Bahkan, Anda bisa memutar lengan dari gerakan atas ke bawah. 

3. Memutar bahu 

Anda bisa menerapkan pemanasan olahraga dengan memutar bahu. Anda bisa memutar bahu ke dalam maupun ke luar saat ini. Anda tinggal mensejajarkan kedua kaki selebar bahu, selanjutnya Anda bisa menggerakan bahu lengan ke dalam maupun ke luar. Hal ini bisa dilakukan sebanyak 20 kali putaran. Cukup untuk memanaskan badan sebelum berolahraga. 

4. Menggerakkan pergelangan tangan 

Gerakan pemanasan olahraga yang bisa diterapkan selanjutnya adalah menggerakkan pergelangan tangan. Anda bisa menggerakkan telapak tangan dengan mengaitkan telapak kanan dan telapak kiri, selanjutnya Anda bisa memutarnya perlahan-lahan. Anda bisa melakukan gerakan ini sebanyak 20 kali putaran saja. 

5. Melakukan gerakan terhadap torso 

Anda ingin melakukan pemanasan yang tepat? Anda bisa melakukan gerakan terhadap torso, baik dengan cara diayunkan atau dibungkukkan. Anda bisa melakukan gerakan terhadap torso ini sesuai dengan kebutuhan. Ketika Anda mengayunkan torso, Anda bisa melakukannya sebanyak 15 kali dan membungkukkan torso sebanyak 40 kali. 

6. Memutar pinggang 

Anda bisa memutarkan pinggang dari kiri atau ke kanan. Bisa dilakukan secara perlahan, agar tubuh terasa mulai memanas sebelum melakukan olahraga inti. Anda bisa melakukan gerakan memutar pinggang sebanyak 10 kali. 

7. Memutar lutut 

Anda bisa memanaskan tubuh sebelum berolahraga dengan memutarkan lutut, sisi kanan atau sisi kiri. Lakukan gerakan secara perlahan dan bisa dilakukan dengan memutar lutut sebanyak 10 kali. 

8. Memutar kaki 

Anda bisa memanaskan tubuh sebelum berolahrga dengan menjijitkan kedua kaki, selanjutnya bisa diputar. Anda bisa melakukan gerakan memutar kaki pada posisi jinjit inis ebanyak 10 kali. 

Cukup sederhana untuk melakukan gerakan pemanasan olahraga yang disebutkan. Anda bisa menerapkannya sebelum melakukan olahraga inti, untuk mengurangi potensi yang tidak diinginkan pada saat berolahraga. 


No comments:

Post a comment

Silahkan komentari info ini. Atau ada pertanyaan?

Copyright © LombaApaSaja . All rights reserved. Template by CB